INGAT PERSIAPAN KE AKHIRAT

Your Slideshow Title Slideshow: Me’s trip from Jakarta, Jawa, Indonesia to Palembang was created by TripAdvisor. See another Palembang slideshow. Take your travel photos and make a slideshow for free.

PELAYANAN TERPADU SATU PINTU

PENYELENGGARAAN PELAYANAN PERIZINAN TERPADU SATU PINTU (PPTSP) adalah kegiatan penyelenggaraan perizinan dan non perizinan yang proses pengelolaannya mulai dari tahap permohonan sampai ke tahap terbitnya dokumen dilakukan dalam satu tempat. atau dengan kata lain terjadinya pemangkasan tahapan dan prosedure, Transparansi biaya, Penyederhanaan Persyaratan, Pengurangan waktu rata-rata dalam proses perizinan dan Pemberian hak kepada masyarakat untuk memperoleh informasi dalam kaitannya dengan penyelengaaraan pelayanan. Dengan adanya PPTSP di Kabupaten Ogan Ilir, Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Ogan Ilir mempunyai motto : SANTRI ( SANTUN, AMAN, NYAMAN, TRANSPARAN, RAMAH, DAN INOVATIF.

Pelayanan

Pelayanan
Berdasarkan Peraturan Bupati Ogan Ilir Nomor xx tahun 2011 tanggal xx Oktober 2011 tentang Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelayanan Perijinan di Kabupaten Ogan Ilir, tentang jenis izin yang dilayani di Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu Satu Pintu (PPTSP) Kabupaten Ogan Ilir. Izin-izin yang dapat dilayani adalah sebagai berikut :
(A)    Jenis pelayanan Perizinan, meliputi :
         1.     Izin Undang-Undang Gangguan/HO
         2.     Izin Pengolahan Limbah Cair
         3.     Izin Penyimpanan Sementara,Izin Pengumpulan Dan Izin Lokasi Pengolahan Limbah
                 Bahan  Berbahaya Dan Beracun
         4.     Izin Reklame
         5.     Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
         6.     Surat Izin Usaha Mikro
         7.     Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
         8.     Izin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK)
         9.     Izin Praktik Bersama Dokter Umum/Dokter Gigi
        10.    Izin Pendirian Rumah/Klinik Bersalin
        11.    Izin Pendirian Balai Pengobatan
        12.    Izin Praktik Dokter Spesialis
        13.    Izin Praktik Dokter Umum/Gigi
        14.    Izin Praktik Bidan
        15.    Surat Izin Praktik Perawat
        16.    Izin Pendirian Apotik
        17.    Izin Pendirian Optik
        18.    Izin Pendirian Toko Obat
        19.    Izin Pengobatan Tradisional
        20.    Izin Pendirian Rumah Sakit Swasta
        21.    Izin Kerja Perawat Gigi
        22.    Izin Praktik Fisioterapi
        23.    Izin Kerja Repraksionis Option (RO)
        24.    Surat Izin Kerja Asisten Apoteker
        25.    Izin Laik Sehat Hygiene Sanitasi (hotel, kolam renang, restoran, rumah makan, jasa
                 boga, cafe, warung kopi, air minum isi ulang (air minum dalam kemasan/depot)
        26.    Izin Operasi Pemberantasan Hama (pest control)
        27.    Izin Tempat Pemotongan Hewan
        28.    Izin Usaha Penggilingan Padi (skala besar dan skala kecil)
        29.    Izin Usaha Toko Obat Hewan
        30.    Izin Kios Sarana Produksi (Saprodi) Benih, Bibit, Pupuk Dan Pestisida
        31.    Izin Pendirian Lembaga Pendidikan :
                 1)    Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
                 2)    Pendidikan Dasar
                 3)    Pendidikan Menengah
        32.    Izin Pendirian Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat
        33.    Izin Pendirian Lembaga Kursus Dan Pelatihan
        34.    Izin Pendirian Kesetaraan Dan Keaksaraan Fungsional
        35.    Izin Jasa Titipan Untuk Kantor Agen
        36.    Izin Penyelenggaraan Telekomunikasi Khusus
        37.    Izin Instalatur Kabel Rumah/Gedung (IKR/G)
        38.    Surat Izin Kantor Cabang Dan Loket Pelayanan Operator Telekomunikasi
        39.    Izin Mendirikan Bangunan Menara Telekomunikasi
        40.    Izin Galian Penggelaran Kabel Telekomunikasi
        41.    Izin Ordonansi Gangguan (Hinder Ordonantie)
        42.    Izin Instalansi Penangkal Petir
        43.    Izin Instalansi Genset
        44.    Izin Usaha Perdagangan Alat/Perangkat Telekomunikasi
        45.    Izin Usaha Angkutan Sungai, Danau Dan Penyeberangan:
                 1)    Surat Izin Usaha Angkutan Sungai Dan Danau (SIUASDA)
                 2)    Surat Izin Usaha Angkutan Penyeberangan (SIUAP)
        46.    Izin Persetujuan Pengoperasian Kapal Sungai Dan Penyeberangan
        47.    Surat Izin Pemakaian/Pemanfaatan Permukaan Air Sungai:
                 1)    Izin DUKS (Dermaga Khusus dan Pelabuhan Khusus Lokal)
                 2)    Izin Tempat Penimbunan Kayu (Log Pond)
                 3)    Izin Galangan Kapal
                 4)    Izin Dipo Minyak (Floating Pump) Dan Restoran Terapung
        48.    Izin Usaha Angkutan
        49.    Izin Trayek
        50.    Izin Operasi
        51.    Izin Bengkel
        52.    Surat Izin Usaha Perikanan (SIUP)
        53.    Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI)
        54.    Surat Izin Kapal Pengangkut Ikan (SIKPI)
        55.    Surat Izin Budidaya Ikan (SIBI)
        56.    Surat Izin Pengolahan Ikan (SOLI)
        57.    Surat Izin Pengumpul dan Pemasaran Hasil Perikanan (SIPPI)
        58.    Izin Prinsip Penanaman Modal
        59.    Izin Prinsip Perluasan Penanaman Modal
        60.    Izin Usaha (Perluasan, Merger, Perubahan) Bidang Penanaman Modal
        61.    Izin Prinsip Perubahan Penanaman Modal

(B)   Jenis pelayanan Non Perizinan, meliputi :
        62.    Persetujuan Prinsip Usaha Perdagangan
        63.    Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
        64.    Tanda Daftar Gudang (TDG)
        65.    Rekomendasi Pendirian Rumah Sakit Swasta
        66.    Rekomendasi Pendirian Kantor Cabang Jasa Titipan
        67.    Rekomendasi Permohonan Izin Penyelenggaraan Jaringan Tetap Lokal Wireline
        68.    Rekomendasi Kios Phone
        69.    Rekomendasi Wartel A
        70.    Rekomendasi Wartel B
        71.    Rekomendasi Pemasangan Hotspot  (Wi-fi)
        72.    Rekomendasi Operasional Warnet
        73.    Rekomendasi Operasional Studio Televisi/Radio
        74.    Tanda Pendaftaran Peternakan Rakyat
        75.    Pengelolaan Informasi
        76.    Pengelolaan Pengaduan Masyarakat
        77.    Pendaftaran Penanaman Modal

PERSYARATAN PERIZINAN DAN NON PERIZINAN

1.     IZIN UNDANG-UNDANG GANGGUAN / HO
        Permohonan Baru :
        1.    Formulir Permohonan;
        2.    Foto copy surat  Izin lokasi (bagi usaha yang diwajibkan memiliki  Izin Lokasi);
        3.    Foto Copy KTP;
        4.    Foto copy NPWP;
        5.    Foto copy Akta Pendirian bagi perusahaan yang berstatus badan hukum/ badan
               usaha atau foto copy Anggaran Dasar yang sudah disahkan bagi Koperasi);
        6.    Foto copy tanda pelunasan PBB Tahun terakhir sesuai dengan tempat
               peruntukan tanah/penggunaan sebagai lahan untuk perusahaan tersebut;
        7.    Foto copy kepemilikan atas tanah atau bukti perolehan tanah/foto copy
               IMB/keterangan bangunan tempat usaha (perjanjian sewa menyewa kontrak
               pinjaman atau sertifikat dan sejenisnya;
        8.    Rancangan tata letak instalasi, mesin/ peralatan dan perlengkapan bangunan yang
               telah disetujui oleh pimpinan perusahaan pemohon atau yang dikuasakan;
        9.    Persetujuan lingkungan dan/atau tetangga atau masyarakat yang berdekatan;
       10.   Bagan alur proses produksi dilengkapi dengan daftar bahan baku atau penunjang
               dan bagan alir pengolahan limbah (untuk usaha/kegiatan Industri);
       11.   Skets lokasi;
       12.   Pas photo berwarna ukuran 3x4 cm sebanyak 3 (tiga) lembar;
       13.   SPPL/Rekomendasi UKL-UPL/AMDAL atau dokumen lingkungan lain yang
               dipersyaratkan sesuai peraturan perndang-undangan
       14.   Surat Kuasa bermaterai Rp.6.000,0 dilampiri KTP/tanda identitas pihak yang
               diberi kuasa (apabila penyampaian berkas permohonan tidak dilakukan sendiri
               oleh pemohon) *).
       15.   Rekomendasi Camat **)

       Keterangan :
       *).    Untuk       perizinan      yang      pengurusan  permohonannya dikuasakan,
                pengambilan sertifikat izin  tetap dilakukan langsung oleh pemohon izin;

       **).  Jika  dalam  waktu 5  (lima) hari   kerja  sejak tanggal   pengajuan   permohonan
               ternyata rekomendasi  dimaksud   belum   dikeluarkan oleh Camat/ Kepala  Desa
               maka  proses perizinan   tetap   dilanjutkan   sepanjang pemohon dapat
               menunjukkan tanda bukti telah mengurus rekomendasi   dimaksud.

       Pendaftaran Ulang :
       1.    Formulir Permohonan;
       2.    UUG/HO yang telah dimiliki (asli);
       3.    Foto copy KTP;
       4.    Foto copy NPWP;
       5.    Tanda bukti lunas PBB tahun terakhir;
       6.    Pas photo berwarna ukuran 3x4 cm sebanyak 3 lembar.

       Perubahan/Penggantian:
       1.    Formulir Permohonan;
       2.    Izin Undang-undang Gangguan yang telah dimiliki (asli);
       3.    Foto Copy KTP
       4.    Pas photo berwarna ukuran 3x4 cm sebanyak 3 (tiga) lembar
       5.    Foto copy tanda lunas PBB tahun terakhir;
       6.    Foto copy NPWP;


2.     IZIN  PENGOLAHAN LIMBAH   CAIR
        1.    Surat Permohonan;
        2.    Foto copy KTP Pemohon;
        3.    Foto copy IMB;
        4.    Foto copy UUG/HO;
        5.    Foto copy NPWP;
        6.    Rekomendasi Kelayakan Lingkungan;
        7.    Hasil Analisa Kualitas Limbah Cair  bulan terakhir dari laboratorium rujukan;
        8.    Gambar instalasi pengolahan  limbah;
        9.    Surat Pernyataan Pemasangan Alat Ukur Debit Air Limbah;
       10.   Surat Pernyataan Pengelolaan Lingkungan;
       11.   Pas photo berwarna ukuran 3x4 cm sebanyak 2 (dua)  lembar.
       12.   Surat Kuasa bermaterai Rp.6.000,0 dilampiri KTP/tanda identitas pihak yang diberi
               kuasa (apabila penyampaian berkas permohonan tidak dilakukan sendiri oleh
               pemohon) *).

       Keterangan :
       *). Untuk      perizinan      yang     pengurusan permohonannya dikuasakan,
            pengambilan sertifikat  izin tetap dilakukan langsung oleh pemohon izin;
   
3.    IZIN PENYIMPANAN SEMENTARA,  IZIN PENGUMPULAN DAN  IZIN LOKASI
       PENGOLAHAN LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUN  
       1.    Formulir Permohonan;
       2.    Akte Pendirian Perusahaan;
       3.    Foto copy IMB;
       4.    Foto copy  Izin Lokasi;
       5.    Persetujuan Lingkungan;
       6.    Peta tempat lokasi kegiatan;
       7.    Uraian tentang bahan baku dan proses kegiatan;
       8.    Uraian tentang spesifikasi alat pengolahan limbah;
       9.    Uraian tentang jumlah dan karakteristik limbah bahan berbahaya dan beracun.
      10.   Surat Kuasa bermaterai Rp.6.000 dilampiri KTP/tanda identitas pihak yang diberi
              kuasa (apabila penyampaian berkas permohonan tidak dilakukan sendiri oleh
              pemohon) *).

        Keterangan :
        *).  Untuk perizinan yang pengurusan permohonannya dikuasakan, pengambilan
              sertifikat  izin tetap dilakukan langsung oleh pemohon izin;

4.     IZIN REKLAME
        1.    Formulir pendaftaran.
        2.    Foto copy NPWPD.
        3.    Foto copy KTP.
        4.    Gambar produk Isi reklame.
        5.    Gambar kontruksi papan reklame.
        6.    Surat Pernyataan Tidak Keberatan dari Pemilik Tanah/Bangunan bagi reklame yang
               terletak di luar prasarana pemerintah.
        7.    Rekomendasi dari Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Kebersihan (untuk
               pemasangan reklame diatas 5 tahun dengan ukuran 4x6 meter ke atas).
        8.    Surat Kuasa bermaterai Rp.6.000,0 dilampiri KTP/tanda identitas pihak yang diberi
               kuasa (apabila penyampaian berkas permohonan tidak dilakukan sendiri oleh
               pemohon) *).

        Keterangan :
        *)    Untuk perizinan yang pengurusan permohonannya dikuasakan, pengambilan
               sertifikat izin tetap dilakukan langsung oleh pemohon  izin;

5.     SURAT  IZIN USAHA PERDAGANGAN (SIUP)
        a.    Permohonan Baru
               1.    Perusahaan  berbentuk  PT
                      Persyaratan yang harus dipenuhi :
                      1)    Formulir permohonan bermaterai   Rp. 6.000
                      2)    Foto copy Akta Notaris Pendirian Perusahaan yang berbadan hukum;  
                      3)    Foto copy Akta Perubahan Perusahaan (apabila ada);
                      4)    Foto copy SK Pengesahan Badan Hukum dari Menteri Hukum Dan HAM;
                      5)    Foto copy KTP Pemilik/Dirut/ Penanggung jawab perusahaan ;
                      6)    Surat Pernyataan dari Pemohon SIUP tentang lokasi usaha perusahaan;
                      7)    Foto copy UUG/HO khusus untuk usaha yang menimbulkan gangguan;
                      8)    Pas photo berwarna Penanggung Jawab/ Direktur ukuran 3x4 cm
                             sebanyak 2  lembar.
                      9)    Jenis usaha/kegiatan tertentu melampirkan  rekomendasi  teknis dari
                             instansi teknis.
                     10)   Surat Kuasa bermaterai Rp.6.000,0 dilampiri KTP/tanda identitas pihak
                             yang diberi kuasa (apabila penyampaian permohonan tidak dilakukan
                             sendiri oleh pemohon) *).
              2.    Perusahaan Berbadan Hukum  Koperasi
                     Persyaratan yang harus dipenuhi:
                     1)    Formulir   Permohonan   bermaterai  Rp. 6.000;
                     2)    Foto copy Akta Notaris Pendirian Koperasi yang telah mendapatkan
                             pengesahan dari instansi berwenang;
                     3)    Foto copy KTP Ketua dan Wakil Ketua pengurus;
                     4)    Surat Pernyataan dari pemohon SIUP tentang lokasi usaha Koperasi;
                     5)    Pas foto ukuran 3x4 cm berwarna 2  (dua) lembar;
                     6)    Jenis usaha/kegiatan tertentu melampirkan  rekomendasi  teknis dari
                            instansi teknis.;
                     7)    Surat Kuasa bermaterai Rp.6.000,0 yang dilampiri KTP/tanda identitas
                            pihak yang diberi kuasa (apabila penyampaian berkas permohonan tidak
                            dilakukan sendiri oleh pemohon) *).
             3.    Perusahaan CV dan Firma
                    Persyaratan yang harus dipenuhi :
                    1)    Formulir Permohonan bermaterai Rp. 6.000,0;
                    2)    Foto copy Akta Notaris Pendirian Perusahaan yang didaftarkan pada
                           Pengadilan Negeri;
                    3)    Foto copy KTP penanggung jawab/pemilik perusahaan;
                    4)    Surat Pernyataan dari pemohon SIUP tentang lokasi usaha perusahaan;
                    5)    Pas foto ukuran 3x4 cm berwarna 2 (dua)  lembar.
                    6)    Jenis usaha/kegiatan tertentu melampirkan  rekomendasi  teknis dari
                           instansi teknis.
                    7)    Surat Kuasa bermaterai Rp.6.000,0 dilampiri KTP/tanda identitas pihak
                           yang diberi kuasa (apabila penyampaian berkas permohonan tidak
                           dilakukan sendiri oleh pemohon) *).
            4.    Perusahaan Perorangan
                   Persyaratan yang harus dipenuhi :
                   1)    Formulir Permohonan bermaterai Rp. 6.000,0;
                   2)    Foto copy KTP Pemilik/ Penanggung jawab.
                   3)    Pas foto berwarna pemilik/ penanggung jawab perusahaan ukuran 3x4 cm
                          sebanyak 2 (dua)  lembar.;
                   4)    Surat Pernyataan dari pemohon tentang lokasi usaha perusahaan.;
                   5)    Jenis usaha/kegiatan tertentu melampirkan  rekomendasi  teknis dari
                          instansi teknis.
                   6)    Surat Kuasa bermaterai Rp.6.000,0 dilampiri KTP/tanda identitas pihak yang
                          diberi kuasa (apabila penyampaian permohonan tidak dilakukan sendiri
                          oleh pemohon) *).
         b.   Pendaftaran Ulang/Registrasi
               Persyaratan yang harus dipenuhi :
               1)    Formulir Permohonan bermaterai Rp. 6.000,0;
               2)    SIUP asli ;
               3)    Neraca perusahaan tahun terakhir (khusus PT);
               4)    Foto copy KTP Pemilik/ Penanggung jawab.
               5)    Pas foto berwarna pemilik/ penanggung jawab perusahaan ukuran 3x4 cm
                      sebanyak 2 (dua)  lembar.;
               6)    Surat Pernyataan dari pemohon SIUP tentang lokasi usaha perusahaan.
               7)    Surat Kuasa bermaterai Rp.6.000,0 dilampiri KTP/tanda identitas pihak yang
                      diberi kuasa (apabila penyampaian berkas permohonan tidak dilakukan sendiri
                      oleh pemohon) *).
         c.   Pembukaan Kantor  Cabang  /  Perwakilan Perusahaan   
               Persyaratan yang harus dipenuhi :
               1)    Formulir Permohonan bermaterai Rp. 6.000,0;
               2)    Foto copy SIUP kantor Pusat yang dilegalisir oleh Pejabat penerbit SIUP;
               3)    Foto copy dokumen pembukaan Kantor Cabang/Perwakilan Perusahaan;
               4)    Foto copy KTP penanggung jawab/ pemilik perusahaan;
               5)    Pas foto berwarna pemilik/ penanggung jawab perusahaan ukuran 3x4 cm
                      sebanyak 2 (dua)  lembar.;
               6)    Surat Pernyataan dari pemohon tentang lokasi usaha Kantor Cabang /
                      Perwakilan Perusahaan.
               7)    Surat Kuasa bermaterai Rp.6.000,0 dilampiri KTP/ tanda identitas pihak yang
                      diberi kuasa (apabila penyampaian berkas permohonan tidak dilakukan sendiri
                      oleh pemohon) *).
         d.   Perubahan
               Persyaratan yang harus dipenuhi  :
               1)    Formulir Permohonan bermaterai Rp. 6.000,0;
               2)    SIUP asli
               3)    Neraca Perusahaan tahun terakhir (khusus untuk PT).
               4)    Data Pendukung Perubahan.
               5)    Foto copy KTP penanggung jawab/ pemilik perusahaan;
               6)    Pas foto pemilik atau penanggung jawab perusahaan berwarna ukuran 3x4 cm
                      sebanyak 2 (dua) lembar.
               7)    Surat Kuasa bermaterai Rp.6.000,0 dilampiri KTP/tanda identitas pihak yang
                      diberi kuasa (apabila penyampaian berkas permohonan tidak dilakukan sendiri
                      oleh pemohon) *).
         e.   Penggantian 
               a.    Karena Hilang  :
                      Persyaratan yang harus dipenuhi
                      1)    Formulir Permohonan bermaterai Rp. 6.000,0;
                      2)    Surat Keterangan Hilang dari Kepolisian;
                      3)    Foto copy SIUP lama (apabila ada);
                      4)    Foto copy KTP /paspor penanggung jawab/ pemilik perusahaan;
                      5)    Pas foto pemilik/penanggung jawab perusahaan ukuran 3x4 cm sebanyak
                             2 (dua) lembar.
                      6)    Surat Kuasa bermaterai Rp.6.000,0 dilampiri KTP/tanda identitas pihak
                             yang diberi kuasa (apabila penyampaian berkas permohonan tidak
                             dilakukan sendiri oleh pemohon) *).
               b.    Karena Rusak  :
                      Persyaratan yang harus dipenuhi
                      1)    Formulir Permohonan bermaterai Rp. 6.000,0;
                      2)    SIUP asli ;
                      3)    Foto copy KTP /paspor penanggung jawab/ pemilik perusahaan
                      4)    Pas foto pemilik/penanggung jawab perusahaan ukuran 3x4 cm sebanyak
                             2 (dua) lembar.
                      5)    Surat Kuasa bermaterai Rp.6.000 dilampiri KTP/tanda identitas pihak yang
                             diberi kuasa (apabila penyampaian berkas permohonan tidak dilakukan
                             sendiri oleh pemohon) *).

               Keterangan :
               *)  Untuk perizinan yang pengurusan   permohonannya dikuasakan, pengambilan
                    sertifikat izin tetap dilakukan  langsung  oleh  pemohon izin;

6.      SURAT IZIN USAHA  MIKRO
         1)    Formulir Permohonan bermaterai  Rp. 6.000,-
         2)    Foto copy KTP Pemilik Usaha;
         3)    Surat keterangan dari insansi teknis atau lembaga yang membina;
         4)    SPPL
         5)    Pas photo berwarna ukuran 3x4 cm sebanyak 2 (dua) lembar.
         6)    Surat Kuasa bermaterai Rp.6.000,0 dilampiri KTP/tanda identitas pihak yang diberi
                kuasa (apabila penyampaian permohonan tidak dilakukan sendiri oleh pemohon) *).

         Keterangan :
         *)   Untuk perizinan  yang pengurusan  permohonannya dikuasakan, pengambilan
                sertifikat  izin  tetap dilakukan langsung oleh pemohon  izin;

7.      IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN (IMB)
         Persyaratan Administratif :
         a.       Pemilik Tanah Sebagai Pemilik Bangunan  :
                   1.    Pas foto berwarna ukuran 3x4 cm sebanyak 3 (tiga) lembar.
                   2.    Foto copy KTP pemohon;
                   3.    Foto copy Sertifikat Tanah yang telah dilegalisir.
                   4.    Surat Pernyataan Tanah tidak dalam sengketa;
                   5.    Foto copy PBB;
                   6.    Rekomendasi Camat dan Rekomendasi Kepala Desa untuk bangunan :
                          a. Perumahan,
                          b. Ruko,
                          c. Gudang
                          d. Pabrik (terkecuali rumah tinggal tunggal 
         b.      Pemilik Bangunan  Bukan Sebagai Pemilik Tanah :
                  1.    Pas foto berwarna ukuran 3x4 cm sebanyak 3 (tiga) lembar.
                  2.    Foto copy KTP pemohon;
                  3.    Foto copy Sertifikat Tanah yang telah dilegalisir.
                  4.    Surat Pernyataan Tanah tidak dalam sengketa;
                  5.    Foto copy PBB;
                  6.    Rekomendasi Camat dan Rekomendasi Kepala Desa untuk :
                         a. Perumahan,
                         b. Ruko,
                         c. Gudang
                         d. Pabrik (terkecuali rumah tinggal tunggal 
                 7.    Perjanjian Pemanfaatan Tanah antara pemilik tanah dengan pemilik
                        bangunan;
         Persyaratan Teknis  :
         1.    Gambar arsitektur, meliputi :
                 a.    Gambar site plann (situasi);
                 b.    Gambar denah;
                 c.    Gambar tampak;
                 d.    Gambar potongan;
                 e.    Spesifikasi umum finishing bangunan gedung.
         2.    Gambar sistem struktur :
                 a.    Gambar struktur bawah (pondasi);
                 b.    Gambar struktur atas, termasuk struktur atap;
                 c.    Spesifikasi umum struktur bangunan gedung.
         3.    Gambar sistem utilitas (mekani-kal dan elektrikal), meliputi :
                 a.    Gambar sistem utilitas (mekanikal dan elektrikal);
                 b.    Gambar sistem pencegahan dan penanggulangan kebakaran;
                 c.    Gambar sistem sanitasi;
                 d.    Gambar sisten drainase;
                 e.    Spesifikasi umum bangunan (mekanikal dan elektrikal) bangunan gedung.
         4.    Perhitungan struktur untuk bangunan gedung 2 lantai atau lebih dan/atau
                bentang struktur lebih dari 6 meter yang disertai hasil penyelidikan tanah;
         5.    Perhitungan utilitas (untuk bangunan gedung selain hunian rumah tinggal dan
                rumah deret)
         6.    Data penyedia jasa perencanaan yaitu arsitektur, struktur dan utilitas (mekanikal
                dan elektrikal);
         7.    Kajian Lingkungan (AMDAL/UKL/ UPL/ UUG/ HO).
         8.    Surat Izin Penggunaan dan Pemanfaatan Tanah (SIPPT) untuk luas tanah 5.000 m2
                atau lebih.
                Surat Kuasa pemohon kepada penanggung jawab perencanaan arsitektur selaku
                pelaksana pengurusan Permohonan Izin Mendirikan Bangunan (PIMB) resmi
                (authorized person).

8.      IZIN USAHA JASA KONSTRUKSI (IUJK)
         Persyaratan yang harus dipenuhi  :
         1.    Formulir Permohonan;
         2.    Foto copy akte pendirian / perubahan;
         3.    Foto copy SIUJK lama (apabila ada);
         4.    Surat Pernyataan Kedudukan/Tempat Usaha atau Surat Penumpangan Tempat
                Usaha / Kontrak / Perjanjian (bermaterai Rp.6.000);
         5.    Foto copy TDP;
         6.    Foto copy KTP dan Iijazah Direktur;
         7.    Foto copy  KTP Tenaga Teknis (STM);
         8.    Foto copy KTP Tenaga Non Teknis (SMA);
         9.    Foto copy Ijazah Tenaga Teknis (STM);
         10.  Foto copy Ijazah Non Teknis (SMA);
         11.  Foto copy sertifikat tenaga ahli/terampil;
         12.  Foto copy NPWP;
         13.  Fotocopy KTP pemohon;
         14.  Foto copy Sertifikat Badan Usaha (SBU) yang dikeluarkan LPJK;
         15.  Pas foto berwarna ukuran 3x4 cm sebanyak 2 (dua) lembar;
         16.  Surat Kuasa bermaterai Rp.6.000 dilampiri KTP/tanda identitas pihak yang diberi
                kuasa (apabila penyampaian berkas permohonan tidak dilakukan sendiri oleh
                pemohon) *).

9.      IZIN PRAKTIK BERSAMA DOKTER UMUM / DOKTER GIGI
         1.    Formulir Permohon bermaterai Rp.6.000;
         2.    Dilaksanakan minimal oleh 3 orang dokter umum atau 3 orang dokter gigi;
         3.    Adanya pernyataan penunjukan dokter pimpinan oleh anggota kelompok bagi
                pemohon perorangan;
         4.    Kelengkapan lainnya :
                1)    Daftar tenaga profesi kese-hatan dan struktur organisasi pelayanan yang
                       diuraikan dalam pembagian tugas dan fungsi dalam penyelengaraan
                       pelayanan;
                2)    Foto Copy SIP dokter-dokter pelaksana;
        5.    Memenuhi standar minimal sarana/ prasarana;
        6.    Surat Kuasa bermaterai Rp.6.000,0 dilampiri KTP/tanda identitas pihak yang diberi
               kuasa (apabila penyampaian berkas permohonan tidak dilakukan sendiri oleh
               pemohon) *).

10.    IZIN PENDIRIAN RUMAH/ KLINIK BERSALIN
         1.    Foto copy akte pendirian Lembaga berbadan hukum
         2.    Bagi pemohon perorangan diperlukan riwayat pengalaman kerja yang disyahkan
                oleh instansi tempat yang bersangkutan bekerja (instansi yang berwenang)
         3.    IPAL (Instalasi pengolahan Air Limbah).
         4.    Daftar tenaga profesi kesehatan dan struktur organisasi pelayanan yang diuraikan
                dalam pembagian tugas dan fungsi dalam penyelenggaraan pelayanan
         5.    Foto copy SIP dokter-dokter setempat sebagai penanggung jawab;
         6.    Foto copy Surat Ijin Bidan (SIB) dan ijazah para medis (perawat/ bidan);
         7.    Foto copy izin gangguan
         8.    Surat Kuasa bermaterai Rp.6.000 dilampiri KTP/tanda identitas pihak yang diberi
                kuasa (apabila penyampaian berkas permohonan tidak dilakukan sendiri oleh
                pemohon) *).

11.    IZIN PENDIRIAN BALAI PENGOBATAN
         1.    Foto copy akte pendirian Lembaga berbadan hukum.
         2.    Riwayat pengalaman kerja yang disyahkan oleh instansi tempat yang bersangkutan
                bekerja (instansi yang berwenang (Bagi pemohon perorangan).
         3.    IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah)
         4.    Daftar tenaga profesi kesehatan dan struktur organisasi pelayanan yang diuraikan
                dalam pembagian tugas dan fungsi dalam penyelenggaraan pelayanan.
         5.    Foto copy SIP dokter-dokter setempat sebagai penanggung jawab;
         6.    Foto copy Surat Ijin Bidan (SIB) dan ijazah para medis (perawat/ bidan);
         7.    Izin Gangguan
         8.    Surat Kuasa bermaterai Rp.6.000 dilampiri KTP/tanda identitas pihak yang diberi
                kuasa (apabila penyampaian berkas permohonan tidak dilakukan sendiri oleh
                pemohon) *).

BAHAN MATERI LPSE